Inspirasi 10 Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila 2023

Hari Lahir Pancasila 2023
Logo Pancasila (Foto: BPIP)


Jakarta - Hari Lahir Pancasila tahun ini diperingati pada hari Kamis, 1 Juni 2023. Terdapat ucapan selamat Hari Lahir Pancasila yang bisa diberikan kepada masyarakat supaya terinspirasi dalam mengimplementasi nilai-nilai Pancasila.


Dikutip saifullahwiki.com dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia, yakni Pancasila.


Berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia. Pasalnya, di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/BPUPKI) dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia. Badan ini menggelar sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945. Dalam sidang tersebut, anggota BPUPKI membahas mengenai dasar-dasar Indonesia merdeka.


Dalam sidang kedua BPUPKI, Soekarno dalam pidatonya yang bertajuk “Lahirnya Pancasila” berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia tepatnya pada 1 Juni 1945. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.


Dalam pidatonya Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia merdeka, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.


Untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas tersebut, maka Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai panitia Sembilan. Berisi Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.


Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Pada sidang tersebut, disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.


Itulah sekilas sejarah Hari Lahir Pancasila yang perlu untuk kita ingat. Tapi tidak hanya untuk diingat saja, Hari Lahir Pancasila juga merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.


Dikutip saifullahwiki.com dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), peringatan Tahun ini, BPIP memberi tema hari lahir pancasila "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global". Tema ini mengandung makna bahwa kita tidak hidup sendiri secara personal, tetapi bersama-sama bersanding dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Kita harus saling bekerja sama, saling membantu, saling menghormati, dan saling menguntungkan dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global dalam nilai kebersamaan.


Dengan semakin merebaknya spirit gotong-royong mengindikasikan bahwa penghayatan nilai-nilai Pancasila sampai tingkat kedalamannya semakin menguat. Mengingat gotong royong merupakan identitas bangsa Indonesia, implementasi gotong royong di tengah masyarakat perlu diapresiasi, dihidupkan, serta menjadi pembiasaan positif.


Elaborasi kualitas hidup ber-Pancasila yang ditandai oleh praktik hidup bergotong royong merupakan tanggung jawab setiap warga negara Indonesia dalam kiat untuk menjaga dan menghidupan kebhinekaan suku, ras, agama, kepercayaan, serta nilai kultural budaya. Spirit Gotong royong merupakan tradisi dan mekanisme hidup bangsa Indonesia lintas generasi yang di dalamnya dijiwai oleh nilai-nilai substansial dan filosofis Pancasila (Carolus Borromeus Mulyatno & Yosafat, 2022).


Berikut SafullahWiki membuat beberapa ucapan yang dapat Anda gunakan untuk turut merayakan Hari Lahir Pancasila dengan menyampaikan semangat hidup ber-Pancasila yang ditandai oleh praktik hidup bergotong royong. Kirimkan pesan ini untuk turut serta memberikan inspirasi dengan harapan Pancasila dapat semakin membumi sebagai nafas filosofis kehidupan bangsa. Tidak hanya sekadar dihafalkan, namun bisa menjadi pedoman dalam mengaplikasikan nilai-nilai yang hakiki di setiap sendi-sendi kehidupan. Ekspektasi itu selaras dengan pesan Sang Putra Fajar pada 1 Juni 1945, bahwa Pancasila adalah media pemersatu untuk menghadirkan kemaslahatan-kebahagiaan bersama yang tidak akan pudar walaupun zaman sudah silih berganti.


10 Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila

1. Pancasila, Inspirasi Bangsa untuk Bersatu. Selamat hari lahir Pancasila 2023!


2. Ayo bangkitkan Spirit Gotong royong yang merupakan tradisi dan mekanisme hidup bangsa Indonesia lintas generasi yang di dalamnya dijiwai oleh nilai-nilai substansial dan filosofis Pancasila. Selamat hari lahir Pancasila!


3. Kita harus saling bekerja sama, saling membantu, saling menghormati, dan saling menguntungkan dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global dalam nilai kebersamaan. Karena kita adalah inspirasi bagi generasi penerus kita semua. Teruslah hargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia dengan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila!


4. Bangkitkan semangat hidup ber-Pancasila yang ditandai oleh praktik hidup bergotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Jangan Pernah Berfikir Untuk Mengganti Ideologi Pancasila.


5. Pendidikan Pancasila sangat penting bagi generasi muda, tidak hanya untuk mengajarkan anak-anak muda ini untuk patuh dan taat kepada negara, tetapi juga untuk mengajarkan toleransi dan kemandirian generasi muda lainnya. Pendidikan seperti itu harus diteruskan kepada generasi mendatang.


6. pancasila adalah jati diri bangsa indonesia. Sebagai kepribadian bangsa, Pancasila sejatinya cermin jati diri bangsa Indonesia, sehingga siapapun yang terlahir dan menghirup udara di republik ini, wajib menjaga, melestarikan serta menjunjung tinggi Pancasila, khususnya nilai-nilai dari setiap butir sila, didalamnya. Selamat hari lahirnya Pancasila 2023!


7. Jati diri Bangsa Indonesia di dalam bidang pendidikan selaras dengan sila-sila Pancasila. Karena Pancasila merupakan identitas dari kearifan dan kekayaan nilai bumi Indonesia. Dengan kata lain, jati diri Bangsa Indonesia dapat ditanamkan kepada generasi mendatang lewat pendidikan. Teruslah mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di hari lahirnya Pancasila.


8. Terus tumbukan nilai kesadaran berpancasila. Dengan menumbuhkan Kesadaran berpancasila dapat dipandang sebagai proses internalisasi dan sosialisasi individu terhadap nilai-nilai Pancasila, yang kemudian tercermin dalam sikap, perilaku, dan tindakan mereka sebagai bagian dari masyarakat.

Baca juga Surat Edaran Kepala BPIP Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

9. Satu-satunya yang bisa menyelamatkan bangsa ini agar tetap NKRI, agar tetap Bhinneka Tunggal Ika. dan Salah satu profil Pelajar Pancasila adalah karakter berkebhinekaan global. Dalam hal ini, pelajar yang memiliki profil pancasila yang berkebhinekaan global memiliki semangat untuk mempertahankan budaya leluhur,lokalitas dan identitas dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Selamat hari lahir pancasila, teruslah menjadi pelajar yang terbaik!


10. Teruslah untuk meningkatkan Nilai karakter yang terkadung dalam tiap sila Pancasila yaitu nilai karakter yang religius, peduli sosial, kemandirian, patriotisme, kebersamaan, demokratis, dan adil, dan jadilah yang terbaik diantara yang terbaik. Berikan kemampuan maksimal setiap menjalankan tugas sebagai Pelajar Pancasila. Teruslah untuk berkontribusi sebagai implementasi profil pelajara pancasila yang baik di hari lahir Pancasila 2023!
(jta/jta)

Posting Komentar untuk "Inspirasi 10 Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila 2023"