HARI RAYA IDUL ADHA 2023

Ucapan Idul Adha. ilustrasi
Ucapan Idul Adha. (ilustrasi/Idain)


Tanggal 1 Dzulhijjah dimulai pada tanggal 19 Juni 2023, amalan di bulan Dzulhijjah dimulai dengan anjuran berpuasa pada tanggal 1-9 Dzulhijjah dan lebih ditekankan berpuasa di hari Arafah (9 Dzulhijjah) bagi selain jama’ah haji dengan pahala akan dihapuskan dosa-dosanya satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.


Hari Raya Idul Adha 1444 H atau biasa disebut dengan Hari Raya Kurban setiap tahun di rayakan oleh umat Islam setiap tanggal 10 Dzulhijjah yang jatuh pada tanggal 28 Juni 2023. Setelah menjalankan ibadah shalat id maka dilanjutkan dengan menyembelih qurban berupa hewan ternak Onta, Sapi, dan Kambing atau Domba. Penyembelihan qurban ini merupakan pernyataan kecintaan umat islam terhadap Allah SWT dan rasa sayang terhadap sesama manusia, dengan berqurban mengingatkan kita akan pengorbanan dan rasa cinta Nabi Ibrahim beserta keluarganya terhadap Allah SWT dengan sukarela menerima ketetapan Allah SWT untuk menyembelih anaknya Ismail, namun pisau Nabi Ibrahim tidak mampu menyembelih Ismail dan Allah SWT menggantinya dengan domba yang gemuk, maka akhirnya muncullah perintah kurban pada Idul Adha dengan domba ataupun hewan kurban lain.


Taukah Sobat Saifullah Wiki saat merayakan Hari Raya Idul Adha 2023 tepatnya sesudah Sholat Id akan ada penyembelihan kurban. Pertanyaanya adalah Kapan mulai dan berakhirnya waktu penyembelihan hewan kurban? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Sobat SaifullahWiki dapat merujuk pada hadits Imam Bukhari yang artinya “Barang siapa menyembelih kurban sebelum Shalat Hari Raya Idul Adha, maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya sendiri. Dan barangsiapa menyembelih kurban sesudah Sholat Idul Adha dan dua khotbahnya, sesungguhnya ia telah menyempurnakan ibadah nya dan ia telah menjalani aturan Islam.” (HR. Bukhari).


Dari Hadits yang SaifullahWiki.com sebutkan diatas maka dapat disimpulkan bahwa waktu penyembelihan hewan kurban adalah tanggal 10 Dzulhijjah serta tiga hari setelah tanggal tersebut. Tepatnya di tanggal 11 sampai tanggal 13 Dzulhijjah 1444 Hijriah / 2023 yang disebut dengan Hari Tasyrik, yang dimana di hari-hari tersebut adalah hari yang diharamkan untuk berpuasa.

Selanjutnya pembahasan IdulAdha telah dibagikan dilokasi laman saifullahwiki.com/2023/06/inspirasi-kata20-ucapan-selamat-hari-raya-idul-adha-bagi-yang-merayakan-dalam-bahasa-indonesia.html

Tidak ada amalan yang paling baik dan paling utama untuk dilakukan seorang hamba di Hari raya Idul Adha, kecuali amalan menyembelih hewan kurban. Maka niatkan dan persiapkan diri kita untuk bisa menyembelih kurban setiap kali datang hari raya idul adha, meski secara ekonomi kita tidak berlimpah. Allah Maha Tahu, Allah Maha Pemurah, Allah akan melihat kesungguhan ikhtiar hamba-hambaNya. Sebagaimana kita ketahui Sobat, bahwa amal yang paling disukai Allah adalah amal yang dilakukan secara berkelanjutan meski kecil, demikian juga dalam hal berbagi maupun berqurban atau berkurban. Bagi kita yang mungkin secara ekonomi minim, tabungan kurban yang kita kumpulkan rupiah demi rupiah setiap saat, semoga menjadi saksi kesungguhan dan berkelanjutannya amal kita loh Sobat Saifullah Wiki. Semoga menjadi bagian amal yang dicintai oleh Allah SWT


(inspirasi: pengertian-hikmah-ibadah-kurban).

(Idain)

Posting Komentar untuk "HARI RAYA IDUL ADHA 2023"