Pengertian Capaian Pembelajaran (CP)

Pengertian Capaian Pembelajaran (CP)


Halo Sobat SaifullahWiki! Pernahkah Sobat mendengar istilah kurikulum prototipe atau implementasi Kurikulum Merdeka? Jika pernah, berarti kalian tau kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan yang disebut dengan Capaian Pembelajaran (CP).


CP merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian Pembelajaran (CP) mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.


Agar Sobat SaifullahWiki makin tau, sobat pahami bahwa CP terbagi menjadi Capaian Pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini dan untuk pendidikan dasar dan menengah.


Capaian Pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) terdiri atas satu fase, yaitu fase Fondasi.


Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase, yaitu fase A hingga fase F, yang meliputi seluruh mata pelajaran di jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C), sesuai dengan pembagian berikut:


Fase dan Jenjang/Kelas

Fase A: Kelas 1-2 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase B: Kelas 3-4 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase C: Kelas 5-6 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase D: Kelas 7-9 SMP/MTs/SMPLB/Paket B

Fase E: Kelas 10 SMA/MA/SMALB/Paket C, SMK/MAK

Fase F: Kelas 11-12 SMA/MA/SMALB/Paket C, SMK/MAK


Sebagai kompetensi pembelajaran, Sobat SaifullahWiki perlu tau kalau peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP Pendidikan Khusus. Sementara itu, peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual dapat menggunakan CP umum dengan menerapkan prinsip-prinsip modifikasi kurikulum.


Itulah penjelasan mengenai arti Capaian Pembelajaran (CP). Fase perkembangan tersebut tentunya dapat membantu Sobat SaifullahWiki agar dapat menerapkan kurikulum prototipe maupun implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah sesuai pedoman kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik. Semoga bermanfaat, ya!

Penulis: Pengelola Web SaifullahWiki.com.

Referensi: Format Rumusan Capaian Pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Posting Komentar untuk "Pengertian Capaian Pembelajaran (CP)"