Perlunya Seorang Guru Menyusun Rencana Pembelajaran

Perlunya Seorang Guru Menyusun Rencana Pembelajaran

Di artikel kali ini kita akan membahas alasan perlunya seorang guru menyusun rencana pembelajaran. Yah, menjelang semester baru umumnya seorang guru sudah mempersiapkan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selama satu tahun ajaran. Rencana pembelajaran yang telah disiapkan ini bisa disebut dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).


RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu atau beberapa kali tatap muka. RPP ini dikembangkan dari silabus dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan belajar mengajar dalam upaya mencapai kompetensi dasar. Seorang tenaga pengajar dalam hal ini guru, berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.


Mengapa hal ini penting dilakukan? Apa sih perlunya menyusun rencana pembelajaran itu sendiri? untuk mengetahui lebih lengkap, Mari simak ulasan selengkapnya di SaifullahWiki.com!


  1. Pembelajaran lebih sistematis
perlunya menyusun RPP adalah agar mengarahkan guru untuk merancang sebuah metode pembelajaran yang disenangi siswa. Rancangan metode pembelajaran tersebut sangat memungkinkan dilakukan variasi oleh guru. Jadi, dalam satu materi penyampaian (misal materi teks observasi dalam Bahasa Indonesia), guru bisa merancang metode belajar diskusi dan kerja kelompok.


  1. Memudahkan analisis keberhasilan belajar siswa
RPP yang telah disusun oleh guru, tentunya memiliki butir penilaian yang akan diberikan kepada siwa. Butir penilaian dalam RPP tersebut jika sudah diterapkan ke siswa dan guru bisa melihat nilai yang didapat mereka. Dari nilai tersebut, guru bisa melihat apakah butir penilaian yang ada di dalam RPP sudah dicapai oleh siswa dengan baik atau tidak.


  1. Memudahkan penyampaian materi
Dalam hal penyampaian materi, guru sangat dibantu dengan adanya RPP yang telah dibuat. Ini dikarenakan guru bisa memprediksi dalam sebuah materi itu bisa diselesaikan dalam berapa kali tatap muka. Satu kali? Dua kali? Atau bahkan lebih dari itu.


Apabila, ada ketidaksesuaian jumlah tatap muka dalam penyampaian materi di RPP dengan yang ada di kelas, maka guru bisa mencari tahu sekiranya dipoin mana penyampaian materi tersebut berjalan kurang efektif.


  1. Pengatur pola pembelajaran
Dalam menyusun rencana pembelajaran, beberapa yang diajarkan tidak semuanya bisa selesai dalam satu kali tatap muka. Ada kalanya guru memerlukan beberapa kali tatap muka untuk menuntaskan satu bahasan materi. Nah, dengan adanya RPP ini guru bisa merancang pola penyampaian materi, misal di tatap muka pertama membahas tentang dasar-dasarnya, baru di tatap muka yang kedua membahas hal yang lebih detail dari materi tersebut.


  1. Menghemat waktu dan tenaga
Alasan pentingnya rencana pembelajaran selanjutnya adalah untuk menghemat waktu dan tenaga dari guru. Guru tidak perlu bingung untuk memikirkan model, metode, dan sumber belajar yang sekiranya nanti akan digunakan oleh siswa. Pastinya dengan adanya RPP yang sudah dibuat, guru bisa menentukan apa-apa saja yang dibutuhkan dalam penyampaian materi ajarnya.

Baca Juga : 4 Standar Kompetensi Guru yang Harus Dimiliki Calon Guru

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat alasan perlunya menyusun rencana pembelajaran. Sebagai guru di sekolah terbaik, tentunya rencana pembelajaran ini sangat perlu agar kegiatan belajar dapat berjalan lancar dan terukur.***


Penulis : Admin Web SaifullahWiki.com.

Sumber : Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Posting Komentar untuk "Perlunya Seorang Guru Menyusun Rencana Pembelajaran"