Unsur Unsur yang dapat mempengaruhi Ideologi Pancasila sebagai dasar negara, Begini Penjelasannya

Penjelasan Unsur Unsur yang dapat mempengaruhi ideologi pancasila sebagai dasar negara


Sobat SaifullahWiki.com! pernahkah Sobat mendapat pertanyaan soal Jelaskan unsur unsur yang dapat mempengaruhi ideologi pancasila sebagai dasar negara?

Jika pernah, sudah taukah Sobat SaifullahWiki.com nah, sebelum menjawab soal tersebut, sebaiknya ketahui dahulu apa pengertian Ideologi pancasila!


Ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.


Pancasila adalah nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang menjadi pedoman hidup seluruh rakyat Indonesia.


Ideologi pancasila adalah kumpulan nilai-nilai luhur budaya dan religius bangsa indonesia yang berdasarkan sila-sila dalam pancasila.


Setelah mengetahui pengertian dari Ideologi pancasila, inilah penjelasan Unsur Unsur yang dapat mempengaruhi Ideologi Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia Sobat SaifullahWiki.com!


Unsur-unsur ideologi pancasila, sebenarnya terdiri dari tiga (3) bahasan, diantaranya sebagai berikut: (1) Unsur Keyakinan, (2) Unsur Mitos, dan (3) Unsur Loyalitas.


(1) Unsur Keyakinan


Memuat konsep-konsep dasar yang menggambarkan seperangkat keyakinan untuk diorientasikan kepada tingkah laku para pendukungnya untuk mencapai suatu tujuan yg dicita-citakan.


(2) Unsur Mitos


Merupakan ideologi yang selalu memitoskan suatu ajaran dari seseorang atau beberapa orang sebagai kesatuan yang secara fundamental mengajarkan cara sesuatu hal yang ideal itu pasti akan dapat dicapai.


(3) Unsur Loyalitas


Merupakan ideologi yang selalu menuntut adanya kesetiaan dan keterlibatan optimal para pendukungnya.


Nah, Sudah jelaskan unsur unsur yang dapat mempengaruhi ideologi pancasila sebagai dasar negara dan pengertiannya? Sekarang simak penjelasannya terkait fungsi-fungsinya ya Sobat SaifullahWiki.com!


Fungsi ideologi pancasila, sebenarnya terdiri dari lima (5) bahasan, diantaranya sebagai berikut: (1) Menyatukan bangsa dengan memperkuat dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, (2) Sebagai pedoman hidup bagi seluruh rakyat Indonesia, (3)Mengawasi keadaan secara kritis guna mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam sila-sila pancasila, (4) Memelihara identitas bangsa Indonesia, dan (5) Mengarahkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuannya.



Jadi inilah penjelasan materi tentang ideologi bangsa Indonesia yang dapat dibagikan saifullahwiki.com, guna soal saat ujian harian Mapel Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas 10 SMA khusunya Bab Ideologi dan Konstitusi!

Baca juga Sejarah dan Memaknai Hari Lahir Pancasila

Penulis : Sobat, Saifullahwiki.com!

Kata kunci: Pengertian ideologi pancasila, unsur-unsur ideologi pancasila, fungsi ideologi pancasila!!!

Posting Komentar untuk "Unsur Unsur yang dapat mempengaruhi Ideologi Pancasila sebagai dasar negara, Begini Penjelasannya"