Konsep Ujian Sekolah di Satuan Pendidikan

Konsep Ujian Sekolah di Satuan Pendidikan(www.saifullahwiki.com)


Ujian Sekolah di tingkat satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka tetap dilaksanakan kendati Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah ditiadakan dan digantikan dengan Asesmen Nasional yang terdiri dari AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.


Ujian Sekolah (US) menjadi salah satu faktor penting untuk melakukan penilaian terhadap pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL). Ujian sekolah menjadi kewenangan setiap satuan pendidikan untuk melaksanakannya sesuai SOP Ujian Sekolah yang telah ditentukan. Dilansir saifullahwiki.com dari kemdikbud infografis US, berikut uraian lengkap mulai dari Pengertian Ujian Sekolah, Target Ujian Sekolah, Kompetensi Yang Diujikan, Bentuk-bentuk Ujian Sekolah, dan Perbandingannya.


A. Pengertian Ujian Sekolah

Ujian sekolah adalah ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan pada akhir jenjang dengan tujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.


B. Target Ujian Sekolah

Seluruh siswa pada akhir jenjang yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. telah berada pada tahun terakhir di masing-masing jenjang atau program paket kesetaraan.
  2. memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar seluruh program pembelajaran yang telah ditempuh pada jenjang pendidikan tersebut.



C. Kompetensi Yang Diujikan

Ujian Sekolah mengukur dan menilai kompetensi peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sesuai Permendikbud Ristek Nomor 5 Tahun 2022 dan SKL tambahan yang ditetapkan sekolah.


D. Bentuk-bentuk Ujian Sekolah

Berikut ini dalah beberapa bentuk ujian sekolah yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan pada implementasi kurikulum merdeka, yaitu :
  • Portofolio
  • Portofolio Kerja
  • Portofolio Dokumentasi
  • Portofolio Pilihan
  • Tes Tertulis
  • Pilihan Ganda
  • Benar-Salah
  • Menjodohkan
  • Jawaban Singkat
  • Soal Uraian
  • Pilihan Ganda dengan Alasan
  • Tugas Proyek
  • Tugas Produk
  • Tes Praktik
  • Tes Kinerja
  • Tes Lisan



Namun, saat implementasi kurikulum merdeka perlu diketahui bahwa salah satu bagian dari era Merdeka Belajar bagi satuan Pendidikan adalah pelaksanan Ujian Sekolah (US) hal tersebut dapat dilihat dari Surat Edaran (SE) Mendikbud nomor 1 tahun 2021 tertanggal 1 Februari 2021 tentang peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan dan pelaksanaan ujian sekolah serta kenaikan kelas.


SE Mendikbud nomor 1 tahun 2021 tersebut memberikan kesempatan kepada satuan pendidikan untuk menentukan model US yang akan dilaksanakan. Sebagaimana Dilansir saifullahwiki.com dari SE Mendikbud nomor 1 tahun 2021 tentang peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan dan pelaksanaan ujian sekolah serta kenaikan kelas poin 4 dinyatakan bahwa Ujian yang diselenggarkan oleh Satuan Pendidikan dilaksankan dalam bentuk: Potopolio berupa evaluasi atas rapor, nilai sikap/ prilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (Penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya); Penugasan; Tes secara luring atau daring; dan atau Bentuk penilaian kegitan lain yang ditetapkan oleh satuan Pendidikan. Sedangkan bagi peserta didik sekolah kejuruan dapat mengikuti uji kompetensi keahlian sesuia dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Selanjutnya, bagi peserta didik pendidikan kesetaraan yaitu Program paket A, program paket B, program paket C berupa ujian tingkat satuan pendidikan kesetaraan diakui sebagai penyetaraan lulusan, ujian tingkat satuan pendidikan kesetaraan dilakukan dalam bentuk ujian.


Dari poin tentang pelaksanan Ujian Sekolah (US) terkait model ujian sekolah di masa pandemic Covid-19 dapat dikelompokkan menjadi tiga model yaitu:


Model pertama, nilai US peserta didik dapat diperoleh dari portopolio peserta didik ditambah dengan penugasan dan ditambah dengan tes yang dilaksankan secara daring atau luring. Sedangkan portopolio itu sendiri berupa evaluasi atas rapor, nilai sikap/ prilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (Penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya).


Model kedua, Nilai US peserta didik dapat diperoleh dari portopolio peserta didik ditambah dengan penugasan dan ditambah dengan tes yang dilaksankan secara daring atau luring serta Bentuk penilaian kegitan lain yang ditetapkan oleh satuan Pendidikan.


Model ketiga, Nilai US peserta didik hanya diperoleh dari Bentuk penilaian kegitan lain yang ditetapkan oleh satuan Pendidikan.


Dari model-model tentang pelaksanan Ujian Sekolah (US) tersebut di atas dapat dimaknai bahwa sekolah diberikan keleluasaan untuk menentukan model US sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing dan menurut pendapat saifullahwiki bahwa keleuasaan yang diberikan kepada satuan Pendidikan dalam menentukan US merupakan konsep Ujian Sekolah “penerapan Merdeka Belajar bagi Satuan Pendidikan”


Perbandingan Bentuk-bentuk Tes Ujian Sekolah

Konsep Ujian Sekolah di Satuan Pendidikan(www.saifullahwiki.com)


Untuk perbandingan bentuk-bentuk tes ujian sekolah, maka pada artikel selanjutnya Insyaallah akan admin saifullahwiki akan uraikan tentang tiap bentuk ujian sekolah, mulai dari portofolio hingga tes lisan.


Demikianlah infografis tentang konsep pelaksanan Ujian Sekolah (US) penerapan Merdeka Belajar bagi Satuan Pendidikan. ”Semoga bermanfaat.***

Posting Komentar untuk "Konsep Ujian Sekolah di Satuan Pendidikan"