JUKNIS PENGISIAN BLANGKO IJAZAH

Ujian Sekolah bagi kelas akhir di Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah sudah selesai dilaksankan, momentum yang ditunggu-tunggu oleh Peserta Didik setelah mengikuti Ujian Sekolah tersebut adalah pengumuman kelulusan dari Satuan Pendidikan.


Bagi Satuan Pendidikan, ada serangkaian kegiatan yang harus disiapkan dan dilaksankan setelah proses pengumuman dilaksankan yaitu membuat surat keterangan lulus. Pembuatan surat keterangan lulus tersebut dikarenakan blangko ijazah baru akan di distribusikan oleh Kementerian paling cepat satu hari setelah pengumuman sosialisasi di Mei - Juni 2023.


Selain itu, bahwa surat keterangan lulus tersebut sangat penting karena akan digunakan oleh peserta didik sebagai syarat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.


Selanjutnya, apa saja rangkaian kegiatan sekolah dalam rangka memberikan pelayanan terhadap peserta didik tingkat akhir di setiap jenjang Satuan Pendidikan. Marilah kita cermati poin-poin sebagai berikut:


Kapankan Waktu Pengumuman Kelulusan bagi Satuan Pendidikan?

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008 Tahun 2023 terkait pembahasan Spesifikasi Teknis dan Bentuk, serta Tata Cara Pengisian, Penggantian, dan Pemusnahan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Peraturan ini merupakan perubahan atas Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 004 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Ijazah Tahun 2023 menyebutkan bahwa waktu pengumuman kelulusan akan dilaksanakan sesuai dengan jenjang dari Satuan Pendidikan masing-masing yaitu:
  1. Kelulusan jenjang SD, SDLB, Program Paket A atau sederajat ditetapkan tanggal 8 Juni tahun 2023
  2. Kelulusan jenjang SMP, SMPLB, Program Paket B atau sederajat ditetapkan tanggal 8 Juni tahun 2023
  3. Kelulusan jenjang SMA, SMALB, SMK, Program Paket C atau sederajat ditetapkan tanggal 5 Juni tahun 2023



Poin-poin apa saja yang harus ada di dalam Surat Keterangan Lulus?

Bahwa Surat Keterangan Lulus diberikan sesuai dengan tanggal kelulusan dan mengandung sekurang-kurangnya rata-rata nilai ujian sekolah/ujian kesetaraan. (Pasal 7 ayat 1 dan 2)


Contoh Surat Keterangan Kelulusan Tahun 2023.

SURAT KETERANGAN KELULUSAN TAHUN 2023 (www.saifullahwiki.com)



Dari Manakah Nilai Ujian Sekolah di Dapatkan?

Di halaman 123 poin 8) disebutkan bahwa Nilai Ujian Sekolah/Ujian Kesetaraan diperoleh dengan cara yang sama dengan tahun 2021 yaitu berdasarkan SE Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Kesetaraan dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19/perubahannya di satuan Pendidikan. Bagaimana cara mendapatkan Nilai Ujian sekolah berdasarakan SE nomor 1 Tahun 2021. Untuk lebih jelasnya dapat kita cermati di:

- https://www.saifullahwiki.com/2023/05/surat-edaran-mendikbud-nomor-1-tahun-2021-tentang-peniadaan-un-dan-ujian-kesetaraan.html

- https://www.saifullahwiki.com/2023/05/konsep-ujian-sekolah-di-satuan-pendidikan.html

Secara garis besar dalam artikel saifullahwiki di atas adalah sebagai berikut: Jika dilihat dari sisi model US dan dari sisi konteks kalimat yang terdapat dalam SE nomor 1 tahun 2021 tersebut di atas, maka dapat dipahami bahwa terdapat tiga model US agar satuan pendidikan mendapatkan nilai dari peserta didik yaitu:
  1. Model pertama, nilai US peserta didik dapat diperoleh dari portopolio peserta didik ditambah dengan penugasan dan ditambah dengan tes yang dilaksankan secara daring atau luring. Sedangkan portopolio itu sendiri berupa evaluasi atas rapor, nilai sikap/ prilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (Penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya)
  2. Model kedua, Nilai US peserta didik dapat diperoleh dari portopolio peserta didik ditambah dengan penugasan dan ditambah dengan tes yang dilaksankan secara daring atau luring serta Bentuk penilaian kegitan lain yang ditetapkan oleh satuan Pendidikan.
  3. Model ketiga, Nilai US peserta didik hanya diperoleh dari Bentuk penilaian kegitan lain yang ditetapkan oleh satuan Pendidikan.



Bagaimana Model Blangko Ijazah Tahun 2023?

Untuk lebih jelasnya model blangko Ijazah tahun 2023 untuk SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMK, SMALB, Program Paket A, Program Paket B, Program Paket C, atau sederajat di Tahun Pelajaran 2022/2023, marilah kita cermati gambar di bawah ini:


Model Blangko Ijazah Tahun 2023 (www.saifullahwiki.com)



Bagaiman Cara Pengisian Poin-poin yang ada di Blangko Ijazah Tahun 2023?

Juknis lengkap dapat di lihat di Peraturan Kepala BSKAP No. 008 Tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 004 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Ijazah Tahun 2023 tentang Spesifikasi Teknis dan Bentuk, serta Tata Cara Pengisian, Penggantian, dan Pemusnahan Banko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Dapat di unduh di dalam Link di bawah ini.


Juknis Penulisan Ijazah (2)


Penulis: Saifullah Wiki

Posting Komentar untuk "JUKNIS PENGISIAN BLANGKO IJAZAH"