SEJARAH HARI DOKTER NASIONAL

sejarah-hari-dokter-nasional
Ilustrasi dokter indonesia/kemkes



Saifullahwiki.com - Setiap tahunnya, Pada tanggal 24 Oktober diperingati sebagai Hari Dokter Nasional. Tanggal ini juga ternyata menjadi hari jadi Ikatan Dokter Indonesia (IDI).


IDI sendiri merupakan sebuah organisasi profesi kedokteran di Indonesia. Organisasi yang menaungi para Dokter seluruh Indonesia ini berafiliasi dengan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI


Dilansir Saifullahwiki.com dari laman Kementerian Kesehatan (kemkes), awal mula adanya Hari Dokter Nasional ini dimulai dengan lahirnya perkumpulan para dokter di Indonesia pada tahun 1911 yang mana diberi nama Vereniging van Indische Artsen. Pada tahun 1926, perkumpulan ini memiliki nama baru yaitu Vereniging Van Indonesische Genesjkundigen (VIG).


Pada masa pendudukan Jepang tahun 1943, VIG dibubarkan dan diganti menjadi Jawa izi Hooko-Kai. Kemudian pada 24 Oktober 1950, Dr. Soeharto selaku panitia Dewan Pimpinan Pusat IDI saat itu bersama pengurus lainnya menghadap notaris dan memperoleh dasar hukum berdirinya perkumpulan para dokter yang diberi nama 'Ikatan Dokter Indonesia'.


"Selamat Hari Dokter Nasional tahun 2023 untuk para dokter yang ada di Indonesia. Terima kasih untuk apa yang telah engkau berikan atas pengabdian kasih dan tulusmu bagi kesembuhan serta kesehatan masyarakat."

Posting Komentar untuk "SEJARAH HARI DOKTER NASIONAL"