Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional. Ilustrasi
Hari Kebangkitan Nasional. Ilustrasi



SaifullahWiki.com - Hari kebangkitan Nasional diperingati sebagai bangkitnya nasionalisme, persatuan dan kesadaran memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, hari Kebangkitan Nasional adalah hati berdirinya organisasi Budi Utomo. Hari Kebangkitan Nasional atau disingkat dengan Peringatan Harkitnas itu sendiri lahir pada tanggal 20 mei 1908 yang di ambil dari organisasi Budi Utomo.


Organisasi Budi Utomo adalah organisasi pertama yang didirikan oleh Bangsa Indonesia dengan tujuan untuk memperbaiki keadaan sosial rakyat pada saat itu.


Budi Utomo didirikan oleh para pelajar di School Tot Opleiding Van Inlands Artsen (STOVIA) dan di gagas oleh Dr Wahidin Sudirohusodo.


Selamat hari Kebangkitan Nasional, mari bersama jaga semangat persatuan Bangsa Indonesia. Dalam menyambut peringatan bersejarah Hari kebangkitan nasional yang bertepatan dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo, tentu ada beragam kegiatan dipersiapkan mulai dari penentuan tema dan logo Peringatan Harkitnas pada tanggal 20 mei 2023, hingga lomba puisi bahkan terdapat pula ucapan selamat prihal sambutan peringatannya.


Contoh-contoh ucapannya antara lain: Selamat hari kebangkitan nasional, mari bangkit dari segala keterpurukan dan bangkit untuk terus maju agar berguna bagi bangsa dan negara


Selamat Hari Kebangkitan Nasional, jadilah penggerak seperti Budi Utomo, wahai pemuda!


20 Mei di peringati sebagai Harkitnas karena pada tanggal itu tepatnya tahun 1908 lahir organisasi kebangsaan pertama di Indonesia; Budi Utomo.


Kebangkitan Nasional merupakan titik awal bagi Bangsa Indonesia untuk bangkit dan memiliki jiwa nasionalisme, rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi. Selain itu, Kebangkitan Nasional juga merupakan langkah awal untuk rakyat Indonesia memiliki kesadaran agar mampu memperjuangkan Indonesia untuk merdeka. Mari sambut peringatan Harkitnas agar kita bangkit dari segala keterpurukan dan bangkit untuk terus maju agar berguna bagi bangsa dan negara, terutama setelah pandemi covid-19


Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme dan kesadaran untuk memperjuangkan Negaranya menjadi nilai-nilai penting dalam sejarah memperbaiki keadaan sosial rakyat pada saat itu dan berkelanjutan hingga saaat ini.


Nilai-nilai kebangkitan nasional yang diilustrasikan SaifullahWiki.com yaitu nilai religius, nilai kemanusiaan, nilai produktivitas, nilai keseimbangan, nilai demokrasi, nilai kesamaan derajat, dan nilai ketaatan hukum.


Dimana nilai religius adalah segala sesuatu yang berhubungan atau bisa berguna bagi batin dan rohani manusia. Nilai kemanusiaan adalah nilai mengenai harkat dan martabat manusia. Nilai produktivitas adalah nilai yang dapat menunjukkan cara paling baik bagi sebuah sumber daya untuk dikelola, dengan harapan mencapai tujuan akhir secara optimal. Nilai keseimbangan adalah adanya keseimbangan antara kehidupan jasmani dan rohani, kehidupan pribadi dengan masyarakat, serta keseimbangan antara kehidupan pribadi dan alam semesta. nilai demokrasi adalah sikap toleransi, menghormati perbedaan pendapat, memahami dan menyadari keanekaragaman dilingkungan sekolah, mampu mengendalikan diri sehingga tidak mengangu orang lain, kebersamaan, percaya diri tidak mengantungkan diri pada orang lain dan mematuhi perutaran yang berlaku disekolah. Nilai kesamaan derajat adalah salah satu nilai dalam Undang-undang Dasar 1945 sangat bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu nilai kesamaan derajat warga negara yang tercantum dalam undang-undang Dasar 1945 adalah kesamaan derajat dalam mendapatkan pengajaran. Dan dimana nilai ketaatan hukum adalah ketaatan yang dimulai dari kesadaran masyarakat terhadap hukum. Kesadaran hukum berupa keyakinan akan nilai-nilai yang terdapat di dalam diri manusia tentang hukum. Orang yang mengalami dan merasakan keyakinan bahwa suatu perbuatan yang konkret, harus dilaksanakan atau tidak sama sekali.


Sekali lagi admin SaifullahWiki.com - mengingatkan, segenap anak bangsa untuk mengenang kembali perjuangan The Founding Fathers - ayo kita ambil keteladanan mereka. Hal yang perlu diingat bahwa dari sejarah Budi Utomo yang didirikan oleh para pelajar di School Tot Opleiding Van Inlands Artsen (STOVIA) dan di gagas oleh Dr Wahidin Sudirohusodo dan Dokter Soetomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual lewat pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa.


Jadi, tujuan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tentunya penting bagi kita menumbuhkan Nilai-nilai kebangkitan nasional yang diilustrasikan SaifullahWiki.com yaitu untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi sebagai bangsa yang maju dan sejahtera dalam bingkai NKRI.


Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-115! Setegak apa bangsa ini bangkit, setegak hasrat Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme-mu tak mampu tergoyah tuk meng-Indonesia. Selamat hari lahir, Boedi Oetomo. Ayo bangkit lebih kuat!

Posting Komentar untuk "Peringatan Hari Kebangkitan Nasional"