3 Jenis Simbiosis dan Contoh-contohnya

Simbiosis


Halo Sobat SaifullahWiki! Pengertian Simbiosis adalah hubungan erat antara dua organisme dan spesies yang berbeda yang hidup bersama di suatu daerah. Simbiosis dapat digolongkan menjadi tiga jenis. Ketiga simbiosis tersebut adalah simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan juga simbiosis parasitisme. Penasaran seperti apa penjelasan dari ketiganya? Simak artikel ini sampai habis ya Sobat SaifullahWiki!


1) Simbiosis mutualisme, jika kedua organisme mendapatkan keuntungan dari hubungan tersebut.


Contoh:
  1. Simbiosis antara lebah dengan tanaman berbunga. Lebah mendapatkan makanan berup nektar, sebaliknya lebah membantu penyerbukan.
  2. Simbiosis antara tanaman Leguminosa dengan bakteri Rhizobium radicicolla. Rhizobium radicicolla mampu menambat oksigen bebas untuk sumber energi. Gas nitrogen akan mengalami oksidasi menjadi ion nitrat, yang dapat diserap oleh tumbuhan Leguminosa.
  3. Simbiosis antara rayap dengan sejenis Flagellata yang hidup di dalam usus rayap. Flagellata yang hidup dalam usus rayap membantu pencernaan selulosa, dalam rangka memenuhi kebutuhan makannya.



2) Simbiosis komensalisme, jika salah satu organisme mendapat keuntungan, sedang organisme yang lain tidak dirugikan.


Contoh:
  1. Simbiosis antara ikan remora dengan ikan hiu. Ikan remora mendapatkan sisa-sisa makanan dan ikan hiu.
  2. Simbiosis antara tanaman epifit dengan tumbuhan bertajuk tinggi. Tumbuhan menyediakan medium tumbuh atau tempat menempel bagi tanaman epifit.
  3. Simbiosis antara ikan badut dengan anemon laut. Anemon laut menyediakan persembunyian atau perangkap makanan bagi ikan badut.



3) Simbiosis parasitisme, jika salah satu organisme mendapat keuntungan, sedang organisme yang lain dirugikan. Organisme yang mendapat keuntungan dinamakan parasit, sedang yang mendapat kerugian dinamakan inang atau hospes. Organisme parasit mendapat keuntungan karena mendapat zat-zat makanan dan tubuh inang.


Contoh:
  1. Kutu rambut pada kepala manusia (ektoparasit).
  2. Pinjal pada kulit anjing (ektoparasit).
  3. Cacing perut (Ascaris lumbricoides) dan cacing pita dalam usus manusia (endoparasit).



Nah, jadi itulah tadi tiga jenis simbiosis beserta contoh-contoh yang terjadi di kehidupan. Kita sebagai manusia harus selalu berusaha menjalin simbiosis mutualisme dengan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Jangan sampai menjadi parasit yang bisa merugikan pihak lain.


Bila Sobat SaifullahWiki tertarik untuk mengetahui informasi-informasi edukasi seputar Ilmu Pengetahuan Alam, kalian bisa berbagi, mengunduh dan membaca modul Pembelajaran yang dibahas lengkap dalam artikel di situs SaifullahWiki.com


Penulis: Pengelola Web SaifullahWiki.com!


Referensi: Modul PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Biologi SMA Kelompok Kompetensi A, Bab Ekosistem

Posting Komentar untuk "3 Jenis Simbiosis dan Contoh-contohnya"