Interaksi Antar Faktor Biotik pada Rantai Makanan

Halo Sobat SaifullahWiki! Interaksi antar faktor biotik dapat terjadi pada tingkat individu atau spesies, populasi dan komunitas. Interaksi tersebut dapat berupa kompetisi, predasi, dan simbiosis. Penasaran seperti apa penjelasan dari interaksinya? Simak artikel ini sampai habis ya Sobat SaifullahWiki!

Interaksi Antar Faktor Biotik pada Rantai Makanan


1) Kompetisi

Kompetisi adalah bentuk hubungan antara spesies yang satu dengan yang lain jika terjadi persaingan di antara mereka. Persaingan dapat terjadi karena faktor makanan, tempat hidup, atau pasangan hidup.


Contoh:
  1. Kompetisi antara kambing, kerbau, dan sapi dalam usaha memenuhi kebutuhan makan yang berupa rumput.
  2. Kompetisi antara tanaman jagung dengan rumput dalam memenuhi unsur hara dalam tanah.


Baca juga: Interaksi dalam Ekosistem, Perlu Diketahui

2) Simbiosis

Simbiosis adalah hubungan erat antara dua organisme dan spesies yang berbeda yang hidup bersama di suatu daerah. Simbiosis dapat digolongkan menjadi tiga macam sebagai berikut.


a) mutualisme

Simbiosis mutualisme, jika kedua organisme mendapatkan keuntungan dari hubungan tersebut.


Contoh:
  1. Simbiosis antara Iebah dengan tanaman berbunga. Lebah mendapatkan makanan berup nektar, sebaliknya lebah membantu penyerbukan.
  2. Simbiosis antara tanaman Leguminosa dengan bakteri Rhizobium radicicolla. Rhizobium radicicolla mampu menambat oksigen bebas untuk sumber energi. Gas nitrogen akan mengalami oksidasi menjadi ion nitrat, yang dapat diserap oleh tumbuhan Leguminosa.
  3. Simbiosis antara rayap dengan sejenis Flagellata yang hidup di dalam usus rayap. Flagellata yang hidup dalam usus rayap membantu pencernaan selulosa, dalam rangka memenuhi kebutuhan makannya.



b) komensalisme

Simbiosis komensalisme, jika salah satu organisme mendapat keuntungan, sedang organisme yang lain tidak dirugikan.


Contoh:
  1. Simbiosis antara ikan remora dengan ikan hiu. Ikan remora mendapatkan sisa-sisa makanan dan ikan hiu.
  2. Simbiosis antara tanaman epifit dengan tumbuhan bertajuk tinggi. Tumbuhan menyediakan medium tumbuh atau tempat menempel bagi tanaman epifit.
  3. Simbiosis antara ikan badut dengan anemon laut. Anemon laut menyediakan persembunyian atau perangkap makanan bagi ikan badut.



c) parasitisme

Simbiosis parasitisme, jika salah satu organisme mendapat keuntungan, sedang organisme yang lain dirugikan. Organisme yang mendapat keuntungan dinamakan parasit, sedang yang mendapat kerugian dinamakan inang atau hospes. Organisme parasit mendapat keuntungan karena mendapat zat-zat makanan dan tubuh inang.


Contoh:
  1. Kutu rambut pada kepala manusia (ektoparasit).
  2. Pinjal pada kulit anjing (ektoparasit).
  3. Cacing perut (Ascaris lumbricoides) dan cacing pita dalam usus manusia (endoparasit).



d) Antibiosis

Antibiosis adalah hubungan antara dua organisme yang satu menghambat pertumbuhan organisme yang lainnya.


Contoh:
  1. Jamur Penicillium menghambat pertumbuhan bakteri dengan mengeluarkan zat antibiotik penisilin.
  2. Jamur Aspergillus flavus menghasilkan aflatoksin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.


e) Predasi

Predasi adalah hubungan antara pemangsa (predator) dengan mangsa. Predasi dapat dilihat dengan jelas pada rantai makanan atau jaring-jaring makanan, yaltu antara konsumen I dengan konsumen II atau antara konsumen II dengan konsumen III. Organisme yang memakan organisme lain disebut predator. Perhatikan peristiwa predasi pada rantai makanan pada gambar saifullahwiki di bawah ini.

peristiwa predasi pada rantai makanan
(Gambar: peristiwa predasi dalam ekosistem)


Nah, jadi itulah tadi interaksi antar faktor biotik pada rantai makanan dalam sebuah ekosistem beserta contoh-contoh yang terjadi di kehidupan. Kita sebagai manusia harus selalu berusaha berkompetisi dalam hal baik. Tentunya saling dukung dan jangan sampai menjadi penghambat yang bisa merugikan pihak lain.


Bila Sobat SaifullahWiki tertarik untuk mengetahui informasi-informasi edukasi seputar Biologi, kalian bisa berbagi, mengunduh dan membaca modul Pembelajaran yang dibahas lengkap dalam artikel di situs SaifullahWiki.com


Penulis: Pengelola Web SaifullahWiki.com!


Referensi: Modul PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Biologi SMA Kelompok Kompetensi A, Bab Ekosistem

Posting Komentar untuk "Interaksi Antar Faktor Biotik pada Rantai Makanan"