Ketahui Apa yang Dimaksud dengan Piramida Makanan Pada ekosistem

Ketahui Apa yang Dimaksud dengan Piramida Makanan Pada ekosistem
Gambar 1. Piramida Makanan


WWW.SaifullahWiki.com — Pada ekosistem yang mantap jumlah produsen lebih besar daripada konsumen. Apabila dirinci lebih lanjut, jumlah produsen lebih besar daripada konsumen I, konsumen I lebih besar daripada konsumen II, konsumen II lebih besar daripada konsumen III, demikian seterusnya. Apabila keadaan tersebut kita gambarkan akan membentuk suatu piramida makanan, seperti terlihat pada gambar di atas.


Piramida makanan yaitu tingkatan organisasi makhluk hidup yang didasarkan atas hubungan makan memakan.

Baca juga: Pengertian Ekosistem, Perlu Diketahui

Setiap kelompok organisme di dalam piramida makanan menempati tingkat tertentu, yang disebut tingkat trofik. Produsen selalu menempati trofik I, konsumen primer menempati trofik II, konsumen sekunder menempati trofik III, demikian seterusnya. Semakin rendah tingkat trofiknya, semakin besar kandungan energi atau biomassanya.


Piramida makanan disebut juga piramida jumlah dan merupakan salah satu jenis piramida ekologi. Menurut fungsinya, piramida ekologi terbagi menjadi beberapa macam yaitu piramida jumlah, piramida energi, dan piramida biomassa.

Nah, jadi itulah tadi apa yang dimaksud dengan piramida makanan dalam sebuah ekosistem yang terjadi di kehidupan.


Bila Sobat SaifullahWiki tertarik untuk mengetahui informasi-informasi edukasi seputar Botani, kalian bisa berbagi, mengunduh dan membaca artikel Pembelajaran yang dibahas lengkap di situs SaifullahWiki.com

Penulis : Pengelola Web SaifullahWiki.com
(Sumber Gambar 1: Estella Lavelin at.al. 1998. Botani Visual Resource Library. Mc.Graw Hill Co.)

Posting Komentar untuk "Ketahui Apa yang Dimaksud dengan Piramida Makanan Pada ekosistem"