Ini Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2023 Diperingati pada 22 Oktober

Jakarta: Hari Santri Nasional (HSN) diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Peringatan HSN ini tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri Nasional.


Tema Hari Santri Nasional 2023

Dikutip dari Surat Edaran Menteri Agama tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri Nasional 2023, tema HSN tahun ini adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Tema ini memberi pesan bahwa peringatan HSN tahun ini ingin merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan. Di zaman yang penuh tantangan dan kompleksitas, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat.


“Santri sebagai penjaga terdepan dalam pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Santri merupakan pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal Lelah mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka,” demikian dijelaskan dalam surat edaran.


Logo HSN 2023

Selain tema Kementerian Agama (Kemenag) juga telah merilis logo HSN 2023 yang bisa diunduh oleh masyarakat untuk ikut menyemarakkan peringatan HSN tahun ini. Berikut ini logo HSN 2023 beserta filosofinya

Ini Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2023 Diperingati pada 22 Oktober
(Logo HSN 2023 Kemenag)


1. Bendera Merah Putih dan Api yang Berkobar

Ini mengandung makna semangat nasionalisme. Salah satu ciri yang melekat pada diri santri adalah mencintai tanah air (hubbub al-wathan).


2. Jaringan Digital

Ini mengandung makna transformasi teknologi digital. Santri juga turut melakukan transformasi teknologi digital.


3. Empat Pilar

Gambar ini bermakna empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


4. Titik Berwarna Kuning di Atas Empat Pilar

Ini mengandung makna santri siaga menjaga empat pilar kebangsaan.


5. Simbolisasi Huruf Nun

Bentuk huruf nun yang menyerupai tempat tinta adalah simbol pengetahuan.


6. Goresan Tinta

Ini mengandung makna jihad santri zaman ini adalah mengembangkan ilmu pengetahuan pesantren dengan kemajuan teknologi demi kejayaan negeri.


Link download logo HSN 2023

Bagi sobat SaifullahWiki yang ingin mengunduhnya untuk membuat ucapan atau Twibbon Hari Santri Nasional yang jatuh pada besok, Minggu 22 Oktober 2023, terdapat dua logo yang dapat diunduh. Pertama logo dengan tema dan kedua hanya logo HSN 2023. Berikut link downloadnya:


Logo HSN 2022 dengan tema


Logo HSN 2022


Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Saifullahwiki.com


(SAIF)

Posting Komentar untuk "Ini Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2023 Diperingati pada 22 Oktober"