Apa yang dimaksud dengan Rantai Makanan, Jaring Makanan, dan Piramida Makanan?

soal-apa-yang-dimaksud-dengan-rantai-makanan-jaring-makanan-dan-piramida-makanan


Rantai Makanan:
  1. Organisme hidup dalam suatu ekosistem memakan organisme lain.
  2. Proses makan hewan dan dimakan hewan lain disebut rantai makanan.
  3. Urutan pemberian makan organisme membentuk rantai makanan linier. Tingkat trofik pertama dalam rantai makanan selalu merupakan produsen yaitu tumbuhan hijau.
  4. Tingkat trofik yang berbeda dalam rantai makanan adalah produsen, konsumen primer, konsumen sekunder, dan konsumen tersier. Konsumen primer adalah herbivora sedangkan hewan lainnya adalah karnivora.
  5. Contoh rantai makanan adalah rantai makanan penggembalaan, rantai makanan detritus, rantai makanan perumput, rantai makanan parasit, dan rantai makanan saprofit, dll.


Faktor-faktor Abiotik dan Biotik dalam suatu Ekosistem

Jaring Makanan:
  1. Dalam suatu ekosistem, rantai makanan saling berhubungan satu sama lain.
  2. Jaringan rantai makanan yang saling terkait ini disebut jaring makanan.
  3. Jaring Makanan mempertahankan populasi konstan di setiap tingkat trofik.
  4. Organisme mengkonsumsi hewan tingkat trofik yang berbeda.
  5. Jaring makanan adalah jaringan kompleks yang terdiri dari banyak rantai-rantai makanan dan lebih besar dari rantai makanan.



Piramida Makanan:
  1. Piramida makanan adalah hierarki ekologi interaksi makanan di mana predator teratas berada di puncak, setiap tingkat memangsa tingkat berikutnya yang lebih rendah, dan tingkat terbawah umumnya berupa vegetasi hijau.
  2. Energi ditransfer dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik lainnya dalam ekosistem dan kehilangan sejumlah energi pada setiap tingkat trofik.
  3. Piramida makanan disajikan oleh aliran energi, jumlah organisme pada tingkat trofik, dan biomassa.
  4. Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga jenis piramida seperti piramida jumlah, piramida biomassa, dan piramida energi.



Semoga dengan membaca SaifullahWiki dalam posts diatas kamu bisa menjawab soal : (a) Apa yang dimaksud dengan rantai makanan? Berikan salah satu contoh rantai makanan sederhana. (b) Apa yang dimaksud dengan 'jaring-jaring makanan'? Tunjukkan pembentukannya.

Baca juga Interaksi dalam Ekosistem

SaifullahWiki adalah web teknologi pendidikan global yang inovatif di persimpangan antara konten, media, dan teknologi. Sebagai web pembelajaran tepercaya bagi 150+ juta siswa, kami menghadirkan masa depan pendidikan ke masa kini melalui perjalanan pembelajaran yang didukung teknologi, dipersonalisasi, dan menarik. Postingan-postingan di bawah tulisan https://www.saifullahwiki.com/ membahas bermacam pelajaran dari berbagai tingkatan - mulai dari anak-anak di awal pendidikan TK SD SMP hingga SMA SMK yang ingin meningkatkan keterampilan profesional mereka.

Posting Komentar untuk "Apa yang dimaksud dengan Rantai Makanan, Jaring Makanan, dan Piramida Makanan?"