Hari Guru Sedunia 2023: Sejarah dan Tema

"Keseluruhan seni mengajar hanyalah seni membangkitkan keingintahuan alamiah pikiran anak muda dengan tujuan untuk memuaskannya setelahnya." - Kata Bijaksana Anatole France

Sejarah Hari Guru


Tanggal Hari Guru Sedunia

Juga dikenal sebagai Hari Guru Internasional, Hari Guru Sedunia pada tanggal 5 Oktober menghormati guru dan organisasi guru yang memberikan kontribusi penting terhadap pendidikan dan pengembangan pemimpin masa depan kita. Setiap tahun sejak tanggal 5 Oktober 1994, Hari Guru Sedunia diperingati untuk menghormati peringatan diadopsinya Rekomendasi ILO/UNESCO tentang Status Guru pada tahun 1966. Untuk memperingati hari ini, UNESCO melakukan kampanye setiap tahun untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada dunia tentang guru dan dampaknya terhadap perkembangan siswa dalam masyarakat.

Tanggal Hari Guru Sedunia


Hari Guru Sedunia: Sejarah

Pada tanggal 5 Oktober 1966, UNESCO/ILO mengadakan konferensi antar pemerintah di Paris, Perancis, untuk memperluas status guru, dan di akhir konferensi, perwakilan UNESCO dan ILO menandatangani rekomendasi konferensi ini. Untuk pertama kalinya, rekomendasi ini menjelaskan hak, tanggung jawab dan berbagai aspek profesi guru di seluruh dunia.


Pada tanggal 5 Oktober 1994, UNESCO menetapkan Hari Guru Sedunia yang pertama dengan fokus pada partisipasi dan pengembangan guru, serta menyoroti permasalahan dan prioritas guru terkait pendidikan. Tanggal 5 Oktober dipilih untuk merayakan Hari Guru secara internasional karena merupakan hari peringatan diadopsinya rekomendasi ILO/UNESCO tahun 1966. Dalam mengadopsi rekomendasi ini, pemerintah menyadari pentingnya guru yang berkualitas, kompeten dan termotivasi. Rekomendasi untuk memasukkan tenaga pengajar dan peneliti ke dalam pendidikan tinggi diadopsi pada 11 November 1997, pada sesi ke-29 UNESCO.

Baca juga Perlunya Seorang Guru Menyusun Rencana Pembelajaran di Sekolah

Nah sahabat saifullahwiki.com itulah latar belakang dan sejarah hari guru sedunia. Sahabat saifullahwiki Mari kita beralih ke hari guru sedunia 2023 untuk temanya


Tema Hari Guru Sedunia 2023

Setiap tahunnya ada tema berbeda untuk Hari Guru Sedunia. Beberapa yang terbaru termasuk:


2016: Valuing Teachers, Improving their Status - Menghargai Guru, Meningkatkan Statusnya
2017: Empowering Teachers - Memberdayakan Guru
2018: The right to education means the right to a qualified teacher - Hak atas pendidikan berarti hak atas guru yang berkualitas
2019: Young Teachers: The Future of the Profession - Guru Muda: Masa Depan Profesi
2020: Teachers: Leading in crisis, reimagining the future - Guru: Memimpin dalam krisis, memikirkan kembali masa depan
2021: Teachers at the Heart of Education Recovery - Guru di Jantung Pemulihan Pendidikan
2022: The teachers we need for the education we want: The global imperative to reverse the teacher shortage - Guru yang kita butuhkan untuk pendidikan yang kita inginkan: Keharusan global untuk mengatasi kekurangan guru


Di 2023, Hari Guru Sedunia akan merayakan guru dengan tema tersebut "The teachers we need for the education we want: The global imperative to reverse the teacher shortage" yang dimaknai sebagai "Guru yang kita butuhkan untuk pendidikan yang kita inginkan: Keharusan global untuk mengatasi kekurangan guru. Hari ini memberikan kesempatan untuk merayakan profesi guru di seluruh dunia, mencatat pencapaian, dan menarik perhatian pada suara para guru.


Nah taukah sahabat saifullahwiki.com, ada serikat pekerja atau organisasi profesi lain yang mewakili guru berperan penting dalam penyelenggaraan Hari Guru Sedunia di banyak negara, seperti:
  • Persatuan Pendidikan Australia.
  • Dewan Guru (Selandia Baru).
  • Persatuan Guru Nasional (Inggris).
  • Persatuan Persatuan Guru Republik Indonesia (Indonesia).
  • Asosiasi Pendidikan Nasional (Amerika Serikat)
  • Federasi Guru Kanada.
  • Federasi Guru Sekolah Dasar Ontario (Kanada)
  • Asosiasi Nasional Persatuan Guru Perempuan Kepala Sekolah (Inggris).
  • Federasi Guru Menengah Seluruh India.
  • Serikat Guru Jepang.


Bingkai Dinding Sempurna Gambar yang Dipersonalisasi


Artikel Tentang Hari Guru Sedunia

Saat merayakan Hari Guru Sedunia tahun ini, mengapa tidak memberi tahu kelas Anda artikel dari fakta menarik berikut ini?
  • Guru adalah profesi ketiga yang paling dipercaya di Inggris, setelah dokter dan perawat.
  • Hari Guru merupakan gambaran global. Ini bukan hari libur umum.
  • UNESCO mengalokasikan tema untuk hari ini setiap tahun.
  • Lebih dari 100 negara merayakan Hari Guru Sedunia, dan setiap negara mempunyai perayaannya sendiri.
  • Hari Guru Sedunia yang pertama diadakan pada tanggal 5 Oktober 1994, tentang status guru dalam rangka HUT ILO/UNESCO tahun 1966.
  • Menurut UNESCO, guru yang terlatih adalah guru yang memiliki kualifikasi yang ditentukan dan diwajibkan untuk menerima setidaknya pelatihan guru akademis minimum yang diselenggarakan untuk mengajar pada tingkat terkait di suatu negara.
  • Hari Guru Sedunia adalah kesempatan untuk mempromosikan profesi guru.
  • Istilah 'hewan peliharaan guru' diyakini pertama kali ditulis pada tahun 1890.
  • Rata-rata, guru sekolah dasar menghabiskan 782 jam mengajar per tahun.


Baca juga Ini Tema dan Logo Hari Guru Nasional 2023 Diperingati pada 25 November

Untuk memperingati Hari Guru Sedunia, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berterima kasih kepada guru yang telah memberikan dampak positif dalam hidup Anda. Jika Anda mengenal seorang guru yang ingin Anda tunjukkan rasa terima kasihnya, share ucapan Hari Guru secara online dari portal ucapan selamat online sebagai doa juga harapan untuk hari guru, puisi untuk hari Guru atau sampaikan secara langsung. Selamat Hari Guru Sedunia untuk semua insan pendidik dan guru!


Hari Guru | Hari Guru Sedunia Tema

Posting Komentar untuk "Hari Guru Sedunia 2023: Sejarah dan Tema"