Ini Tema dan Logo Hari Guru Nasional 2023 Diperingati pada 25 November

Jakarta: Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November. Peringatan HGN bertepatan dengan Persatuan Guru Republik Indonesia ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari Guru Nasional.


Tema Hari Guru Nasional 2023

Dikutip dari Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Guru Nasional 2023, tema HGN tahun ini adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”. Tema ini memberi pesan bahwa Peringatan HGN bertepatan dengan Persatuan Guru Republik Indonesia tahun ini ingin merayakan semangat dan dedikasi para guru dan dosen sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. Di era yang serba digital ini, seorang guru harus mampu menyesuaikan diri dengan terus beradaptasi mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bentuk perjuangan intelektual yang penuh semangat.


“Guru sebagai penggerak merdeka belajar berarti seorang guru dituntut untuk mampu bersikap aktif, kreatif, inovatif serta terampil gurna menjadi fasilitator yang baik sebagai penggerak perubahan di sekolah. Guru sebagai penggerak merdeka belajar bukan hanya dapat menguasai dan mengajar secara efektif dikelas, melainkan juga harus mampu menciptakan lingkungan yang baik dengan membangun kedekatan emosional dengan siswa. Guru merupakan pejuang pendidikan yang tidak kenal lelah memberi pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai fasilitator bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran yang mengarah pada implementasi kurikulum merdeka,” demikian dijelaskan dalam surat edaran.


Logo HSN 2023

Selain tema Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga telah merilis logo HGN 2023 yang bisa diunduh oleh masyarakat untuk ikut menyemarakkan peringatan HGN tahun ini. Berikut ini logo HGN 2023 beserta filosofinya

Ini Tema dan Logo Hari Guru Nasional 2023 Diperingati pada 25 November
(Logo HGN 2023 Kemendikbudristek)


1. Figur pak guru, ibu guru, serta siswa dan siswi

Ini mengandung makna semangat dan keceriaan menjalankan proses belajar-mengajar. Elemen-elemen desain yang terdiri dari figur pak guru, ibu guru, serta siswa dan siswi tampak dinamis dan ceria dalam menjalankan Pembelajaran.


2. Simbol-simbol wi-fi, laptop, telepon seluler, dan aplikasi telekonferensi

Ini mengandung makna Pemanfaatan teknologi digambarkan dengan simbol-simbol wi-fi, laptop, telepon seluler, serta aplikasi telekonferensi, yang memiliki relevansi kuat dengan kondisi aktual saat ini sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar.


3. Bentuk hati

Gambar ini bermakna seluruh komponen pendidikan mulai dari guru, murid, hingga orang tua, yang bersinergi menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta guna memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Baca juga Ini Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2023 Diperingati pada 22 Oktober

Link download logo HGN 2023

Bagi sobat SaifullahWiki yang ingin mengunduhnya untuk membuat ucapan atau Twibbon Hari Guru Nasional yang jatuh pada Sabtu, 25 November 2023, terdapat dua logo yang dapat diunduh. Pertama logo dengan tema HUT 78 PGRI dan kedua logo HGN 2023. Berikut link downloadnya:


Logo HGN 2023 dengan tema HUT 78 PGRI


Logo HGN 2023


Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Saifullahwiki.com

Baca juga Hari Guru Sedunia 2023: Sejarah dan Tema

(Saifullah Wiki)

Posting Komentar untuk "Ini Tema dan Logo Hari Guru Nasional 2023 Diperingati pada 25 November"